Minggu, 29 September 2013

Ragam dan Laras Bahasa

RAGAM DAN LARAS BAHASA

Perkenalkan nama saya Jannur Gilang  Tamara mahasiswa Universitas Gunadarma, disini saya ingin menerangkan dan menjelaskan tentang isi dari ragam dan laras bahasa berdasarkan tugas softskill yang dikasih dari dosen saya.Langsung aja berikut penjelasan mengenai ragam dan laras bahasa.

Ragam bahasa adalah varian dari sebuah bahasa menurut pemakaian. Berbeda dengan dialek yaitu varian dari sebuah bahasa menurut pemakai. Variasi tersebut ias berbentuk dialek, aksen, laras, gaya, atau berbagai variasi sosiolinguistik lain, termasuk variasi banana baku itu sendiri . Variasi di tingkat leksikon, seperti slang dan argot, sering dianggap terkait dengan gaya atau tingkat formalitas tertentu, meskipun penggunaannya kadang juga dianggap sebagai suatu variasi atau ragam tersendiri.
          
Menurut Dendy Sugono (1999 : 9), bahwa sehubungan dengan pemakaian bahasa indonesia, timbul dua masalah pokok,yaitu masalah penggunaan bahasa baku dan tak baku. Dalam situasi remis, seperti di sekolah,di kantor,atau didalam pertemuan resmi digunakan bahasa baku.sebaliknya dalam situasi tak resmi, seperti dirumah, di taman,dipasar, kita tidak dituntut menggunakan bahasa baku.
         
Ditinjau dari media atau sarana yang digunakan untuk menghasilkan bahasa,yaitu ragam bahasa lisan, ragam bahasa tulis. Bahasa yang dihasilkan melalui alat ucap (organ of speech) sebagai unsur dasar dinamakan ragam bahasa lisan, sedangkan bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkan tulisan dengan huruf sebagai unsur dasarnya, dinamakan ragam bahasa tulis, jadi dalam ragam bahasa lisan kita berurusan dengan lafal dalam ragam bahasa tulis, kita berurusan dengan tata cara penulisan (ejaan). Selain itu aspek tata bahasa dan kosa kata dalam kedua jenis ragam itu memiliki hubungan yang erat ragam bahasa tulis yang unsur dasarnya huruf, melambangkan ragam bahasa lisan, oleh karena itu sering timbul kesan bahwa ragam bahasa lisan dan tulis itu sama, padahal kedua jenis ragam bahasa itu berkembang menjadi sistem bahasa yang memiliki seperangkat kaidah yang tidak identik benar ada pula kesamaannya.

Macam-Macam dan Jenis-Jenis Ragam / Keragaman Bahasa :
1. Ragam bahasa pada bidang tertentu seperti bahasa istilah hukum, bahasa sains, bahasa jurnalistik, dsb.
2. Ragam bahasa pada perorangan atau idiolek seperti gaya bahasa mantan presiden Soeharto, gaya bahasa benyamin s, dan lain sebagainya.
3. Ragam bahasa pada kelompok anggota masyarakat suatu wilayah atau dialek seperti dialek bahasa madura, dialek bahasa medan, dialek bahasa sunda, dialek bahasa bali, dialek bahasa jawa, dan lain sebagainya.
4. Ragam bahasa pada kelompok anggota masyarakat suatu golongan sosial seperti ragam bahasa orang akademisi beda dengan ragam bahasa orang-orang jalanan.
5. Ragam bahasa pada suatu situasi seperti ragam bahasa formal (baku) dan informal (tidak baku).

Ciri - ciri Laras Bahasa :
Penggunaan laras bahasa yang berlainan ditentukan oleh dua faktor utama, yaitu :
- Ciri - Ciri keperihalan sesuatu peristiwa bahasa
- Ciri - ciri linguistik


Format Laras :
- Laras yang mempunyai format tersendiri adalah seperti berikut :
- Laras undang undang
- Laras ucapan
- Laras iklan
- Laras laporan berita

Laras bahasa adalah ragam bahasa yang digunakan untuk suatu tujuan atau pada konteks sosial tertentu. Banyak sekali laras bahasa yang dapat diidentifikasi tanpa batasan yang jelas di antara mereka. Definisi dan kategorisasi laras bahasa pun berbeda antara para ahli linguistik. Salah satu model pembagian laras bahasa yang paling terkemuka diajukan oleh Joos 1961 yang membagi lima laras bahasa menurut derajat keformalannya, yaitu beku (frozen), resmi (formal), konsultatif (consultative), santai (casualdan akrab (intimate).
Ragam beku digunakan pada situasi hikmat dan sangat sedikit memungkinkan keleluasaan seperti pada kitab sui, putusan pengadilan, dan upacara pernikahan. Ragam resmi digunakan dalam komunikasi resmi seperti pada pidato resmi, rapat resmi, dan jurnal ilmiah. Ragam konsultatif digunakan dalam pembicaraan yang terpusat pada transaksi atau pertukaran informasi seperti dalam percakapan di sekolah dan di pasar. Ragam santai digunakan dalam suasana tidak resmi dan dapat digunakan oleh orang yang belum tentu saling kenal dengan akrab. Ragam akrab digunakan di antara orang yang memiliki hubungan yang sangat akrab dan intim.

 Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar