Jumat, 29 November 2013

Contoh Artikel Beserta Kalimat Topiknya


CONTOH ARTIKEL BESERTA KALIMAT TOPIKNYA


Banyak petani yang merasa puas dengan kenaikan harga jual gabah kering giling tahun ini. Mereka mengekspresikan kegembiraannya dengan mengadakan pesta panen yang agak berlebihan.Siangnya bebepara kelompok reog didatangkan langsung dari Ponorogo dan diminta main sambil diarak keliling kampung.Malam harinya,wayang kulit yang menjadi kesenian leluhur desa itu pun digelar semalam suntuk. Tanpa harus diminta, setiap warga seolah berlomba-lomba menyumbangkan sedikit hasil buminya untuk diolah dijadikan makanan pesta itu.

Kalimat topik paragraf di atas terdapat di awal paragraf, diperjelas oleh kalimat (2), yaitu bahwa rasa puas petani itu di ekspresikan dengan pesta yang agak berlebihan. Keberlebihan pesta yang dinyatakan dalam kalimat (2) dijelaskan dalam kalimat-kalimat berikutnya, yaitu bahwa beberapa kelompok reog –tidak hanya satu kelompom didatangkan langsung dari ponorogo,wayang kulit digelar semalam suntuk, dan warga berlomba-lomba menyumbangkan hasil bumi untuk keperluan hidangan makan.
Untuk keperluan tertentu, pembaca cukup hanya membaca kalimat pertama untuk memahami garis besar isi sebuah bacaan. Pembaca baru akan membaca seluruh kalimat dalam sebuah paragraf apabila ingin memperileh pemahaman yang lebih rinci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar